Semikonduktor Sebagai Sakelar

Semikonduktor Sebagai Sakelar - Berikut artikel mengenai Semikonduktor Sebagai Sakelar akan kai ulas di dunia elektro

Semikonduktor Sebagai Sakelar 


A. Fungsi Sebagai Sakelar.

       Pertama sakelar adalah suatu alat dengan dua sambungan dan bias memiliki dua keadaan yaitu on dan off. Keadaan off/tutup merupakan suatu keadaan di mana tidak ada arus yang mengalir. Keadaan on/buka merupakan satu keadaan yang mana arus bias mengalir dengan bebas atau dengan kata lain (secara ideal) tidak ada resistivitas dan besar voltase pada sakelar sama dengan nol. Keuntungan dapat menaikkan efisiensi dan performasi rangkaian karena rugi daya yang terjadi relative kecil dan mendekati nol. Keuntungan lain dari proses pengubahan atau proses pengaturan.

B. Karakteristik Semikonduktor Daya.
  1. Dioda
Dioda merupaka semikonduktor (komponen) elektronika daya yang memiliki dua terminal yaitu anoda dan katoda. Dalam rangkaian elektronika daya diode difunsikan sebagai sakelar. Gambar 1 dan 2 masing-masing ditumjukkan symbol diode dan karakteristik ideal diode jika dioperasikan sebagai sakelar. Sebagai sakelar, sebagaimana gambar 2, diode akan konduksi (on) jika potensial pada anoda lebih positif daripada potensial katoda dan diode akan memblok (off) jika potensial pada anoda lebih negative daripada potensial pada katoda.
insyaansori.blogspot.com
Gb. Simbol Dioda dan Karakteristik sbg sakelar
Jika diode dalam kondisi ideal, ketika diode dalam kondisi on memiliki karakteristik tegangan pada diode sama dengan nol dan arus yang mengalir pada diode sama dengan arus bebannya. Sebaliknya, dioda dalam kondisi off memiliki karakterstik tegangan pada diode sama dengan tegangan sumbernya dan arus yang mengalir sama dengan nol. Dalamkondisi diode on dan off ini dapat dinyatakan tidak terjadi kerugian daya pada diode.