Langkah-langkah Membangun Local Area Network (LAN)

Langkah-langkah Membangun Local Area Network (LAN) - Berikut adalah artikel mengenai Langkah-langkah Membangun Local Area Network (LAN) yang akan dibahas lebih lanjut di dunia elektro

Langkah-langkah Membangun Local Area Network (LAN)


1. Persiapan
Sebelum membangun sebuah jaringan Local Area Network (LAN) harus mempersiapkan segala sesuatu yang akan dibutuhkan saat proses pembangunan/ pengerjaan.

2. Survey Tempat
Survey tempat adalah suatu hal yang penting dalam merancang bangun dan menginstall LAN karena dari survey tempat itu, kita bisa memperkirakan alat, bahan serta topologi yang digunakan dalam merancang bangun LAN.

3. Membuat Sketsa Ruangan
Sesudah mensurvey tempat kami membuat sketsa ruangan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui segala sesuatu yang kita butuhkan dalam membangun Local Area network (LAN). Dan dibawah ini alah Sketsa ruangan yang telah kami buat.

insyaansori.blogspot.com

(Gambar Sketsa ruangan yang telah kami buat )

4. Menentukan Topologi Jaringan.
Sebelum membangun Jaringan Local Area Network (LAN) kita harus menentukan topologi apa yang akan kita pilih.
Untuk kali ini kelompok kami memilih topologi star.
Topologi Star
Topologi Star adalah topologi yang setiap node akan menuju node pusat sebagai konselor kemudian   akan dilanjutkan kepada node lainnya. 
Topologi ini banyak digunakan di berbagai tempat karena memudahkan untuk menambah, megurangi      dan mendeteksi kerusakan jaringan yang ada. Panjang kabel tidak harus sesuai (matching). 
Karateristik topologi Star adalah: 
- Setiap node berkomunikasi langsung dengan central node, traffic data mengalir dari node ke central     node dan kembali lagi. 
- Mudah dikembangkan karena setiap node langsung terhubung dengan  node centra.