Tentang Elektro

Tentang Elektro- Berikut ini adalah sedigit gambaran mengenai Tentang Elektro yang akan kami bahas lebih lanjut di Dunia Elektro


Baik sobat-sobat semua, sekarang saya akan mencoba untuk memberikan sedikit gambaran mengenai Teknik Elektro, sebelum kita masuk ke materi yang lebih dalam dan lebih kompleks tentunya. Dan semoga apa yag saya jelaskan ini akan membantu teman-teman yang akan masuk SMK atau universitas sehingga ada sedikit gambaran jika teman-teman ingin memilih jurusan Teknik Elektro.

Apa teknik elektro itu?

    Teknik elektro atau biasa disebut teknik listrik adalah salah satu bidang ilmu teknik mengenai aplikasi listrik untuk memenuhi kebutuhan dari kehidupan manusia. teknik elektro melibatkan konsep, perencanaan, pengembangan, dan produksi perangkat listrik dan elektronik yang dibutuhkan oleh masyarakat. Orang yang sudah ahli dibidang teknik bisanya disebut Enginer. Enginer elektro memegang peranan penting dalam mengembangkan dan memajukan teknologi tinggi dalam dunia telekomunikasi, energi dan aplikasi lainnya dari perangkat listrik dan elektronik. Enginer elektro juga bekerjasama dengan enginer dari bidang lain, seperti kimia, mesin, dan sipil untuk merancang, mengembangkan dan membantu berbagai macam produk dan jasa seperi sistem distribusi energi, komputer, sistem satelit, radio, sistem radar, mobil listrik, dan masih banyak lainnya yang melibatkan komponen listrik dan elektronik.

      Pengertian teknik elektro adalah ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari sifat-sifat elektron atau sifat-sifat kelistrikan yang kemudian diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari. Berasal dari bahasa Inggris electrical engineering, yang bisa diartikan dengan teknik listrik.
Ilmu teknik elektro dulunya dibagi atas 2:

1. Arus kuat, yang mempelajari tenaga listrik tegangan tinggi,


2. Arus lemah, yang mempelajari listrik tegangan rendah



Sejalan dengan perkembangan teknologi, khususnya pada bagian arus lemah, maka saat ini dibagi menjadi enam konsentrasi, yaitu:
  1. Teknik Tenaga Listrik (electric power ngineering), yang dulunya merupakan konsentrasi arus kuat
  2. Teknik Elektronika (electronics engineering)
  3. Teknik Telekomunikasi (telecommunication engineering)
  4. Teknik Kendali atau Teknik Pengaturan (control engineering)
  5. Teknik Komputer (computer engineering)
  6. Teknik Biomedika (biomedics engineering) merupakan bidang multidisiplin yang melibatkan berbagai keahlian teknik, ilmu pengetahuan dan metoda teknologi untuk memecahkan masalah dalam biologi dan kedokteran, untuk peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.

1 komentar:

Poskan Komentar