Macam-macam Transformator (trafo)

Macam-macam Transformator (trafo) - Berikut ini adalah artekel mengenai Macam-macam Transformator (trafo) yanga kan kami ulas di dunia elektro

Macam-macam Transformator (trafo)


1. Transformator Daya

Transformator yang mengutamakan transformasi daya listrik (Power supply, TV, pengeras suara. dll) Transformator penurun tegangan (Step Down) dari 220 KV - 220 V, Transformator penaik tegangan (Step Up) dari 20 KV - 500 KV, penggunaannya adalah menaikkan atau menurunkan tegangan pada daya tinggi.

2. Autotransformator (Stavolt)

Prinsip kerjanya hampir sama dengan potensio meter, hanya menggunakan pembagi tegangan, dan hanya memiliki satu buah kumparan yang dihubungkan sedemikian rupa.

Kerugian dan kelemahan yang besar melekat pada autotransformator adalah arus hubung singkat yang besar. Dengan demikian dibutuhkan suatu reaktansi yang tinggi didalam penggunaannya, disamping itu merupakan suatu kelemahan juga bahwa sisi primer dan sisi sekunder mempunyai hubungan yang langsung secara listrik. Autotransformator satu fasa banyak digunakan didalam rumah tangga untuk menyesuaikan berbagai alat listrik dengan tegangan jaring umum. transformator demikian biasanya berbentuk trafo geser.

Macam Autotransformator 3 fasa
1. Hubung Bintang (Y)
  2. Hubung Delta



2 komentar:

Poskan Komentar