Rangkaian Starting Motor Star-Delta

Rangkaian Starting Motor Star-Delta - Berikut adalah informasi mengenai Rangkaian Starting Motor Star-Delta yang akan kami bahas hanya di Dunia Elektro

A. Rangkaian Starting Motor Star-Delta

       Untuk mengurangi besarnya arus start motor yang mendekati 7x arus nominal maka dapat dengan menggunakan metode start Star-Delta. Dengan metode ini motor awalnya diset pada asutan Star, setelah motor mencapai kecepatan 80% kecepatan maksimal, sambungan diubah ke sambungan Delta. Dengan cara ini maka torsi dapat dipertahankan sedangkan lonjakan arus start dapat ditekan.

Berikut adalah gambar pengawatan dari Rangkaian Kontrol, Rangkaian Power Star-Delta


Gb. Rangkaian Kendali


Gb. Rangkaian Power Star-Delta


B. Prnsip Kerja Rangkaian

       Fungsi dari rangkaian Star-Delta sendiri adalah untuk mengurangi arus start yaitu saat pertama kali motor di hidupkan Star delta adalah sebuah sistem starting motor yang  paling banyak dipergunakan untuk starting motor listrik. Dengan menggunakan star delta starter Lonjakan arus listrik  yang terlalu tinggi bisa dihindarkan. cara kerjanya adalah  saat start awal motor tidak dikenakan tegangan penuh hanya 0.58  dengan cara dihubung bintang/ star. Setelah motor berputar dan arus sudah mulai turun dengan menggunakan timer arus dipindahkan menjadi segitiga/ delta sehingga tegangan dan arus yang mengalir ke motor penuh. 

2 komentar:

Poskan Komentar